-->

Cara Cepat Meredakan Sakit Gigi

Siapa yang tidak pernah merasakan sakit gigi ? Pasti dia adalah orang paling beruntung. Bagaimana tidak, sakit gigi merupakan nyeri yang sangat luar biasa. Penderita sakit gigi akan merasakan tersiksa karena nyerinya.  Penyebab sakit gigi bermacam-macam. Ada yang karena gigi berlubang, bekas tambalan gigi yang kurang sempurna, gigi sensitif, atau penyebab lainnya yang mengakibatkan saraf di gigi bereaksi terhadap rasa nyeri.


Sebelum kita mengobati sakit gigi secara permanen dengan memeriksakan diri ke dokter. Ada baiknya kita tanggulangi nyeri tersebut agar hilang sebelum nantinya diobat. Berikut adalah cara cepat meredakan sakit gigi :

1.Bawang Putih
Berdasarkan buku Jude’s Herbal Home Remedies yang ditulis oleh Jude C. Todd, bawang putih dapat menyembuhkan sakit gigi atau gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptik. Ambil satu siung bawang putih dan letakkan di gigi. Lakukan selama 5 menit, kemudian keluarkan bawang putih dan bilas mulut dengan air hangat.

2.Daun Cengkeh
Cengkeh merupakan rempah yang menjadi bahan dalam pembuatan rokok. Namun, daun cengkeh ternyata memiliki khasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya, cuci beberapa helai daun cengkih, seduh dengan air mendidih, kemudian dilumatkan. Peras dengan kain. Basahi kapas dengan cairannya, jejalkan ke lubang gigi yang sakit.

3.Teh Hangat
Dalam buku Prescription for Herbal Healing yang ditulis oleh Phyllis A. Balch, dikatakan teh dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Teh panas membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit sementara. Tempatkan kantong teh pada gusi untuk membantu menghentikan peradangan. Sebaiknya jangan dicampur gula dalam teh hangat.

4.Cabe Rawit
Kecil-kecil cabe rawit adalah ungkapan untuk menggambarkan sesuatu yang kecil namun memiliki banyak kelebihan. Dalam hal mengatasi sakit gigi, ini bukan sekedar ungkapan. Cabe rawit mengandung senyawa capsaicin yang berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Larutkan cabe ke dalam air panas, celupkan kapas, peras sedikit dan letakkan di gigi.

5. Es Batu
Menggunakan es batu dikenal untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada gigi dan gusi. Masukkan es batu dalam kantong kain atau ke area sakit dan biarkan selama 5 – 10 menit. Lakukan ini sebanyak 2 kali sehari, tapi bila kondisi tidak membaik, segera hubungi dokter.

Semoga cara cepat meredakan sakit gigi di atas dapat membantu anda meredakan nyerinya.  Untuk pencegahan, rajin-rajinlah menggosok gigi ketika bangun tidur, sesudah makan dan sebelum tidur. Kemudian rajin-rajinlah memeriksakan kesehatan gigi anda ke dokter gigi rutin setiap 6 bulan sekali.

Mudah-mudahan dapat menghindarkan kita dari sakit gigi.

0 Response to "Cara Cepat Meredakan Sakit Gigi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel