-->

Manfaat Rutinitas Jogging Untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Banyak manfat jogging (paling utama di pagi hari) bagi kesehatan yang dapat kita rasakan baik secara langsung maupun dalam jangka yang panjang.

Dan memang tubuh kita ini selain membutuhkan makan, juga butuh dilakukan olah raga pada tubuh kita ini, sehingga nantinya tubuh kita akan bergerak dan akhirnya menjadi sehat.

 bagi kesehatan yang dapat kita rasakan baik secara langsung maupun dalam jangka yang panj 22 Manfaat Rutinitas Jogging Untuk Kesehatan Tubuh & Jiwa
Jogging | Sumber gambar: Pixabay.com

Berikut Berbagai Manfaat Rutinitas Jogging:

1. Membuat Tubuh dan Jiwa Fresh

Olahraga ringan seperti lari-lari kecil ini (jogging) sangat bermanfaat untuk menambah kesegaran badan, sehingga tubuh akan lebih fresh dan siap menghadapai aktifitas selanjutnya.

 bagi kesehatan yang dapat kita rasakan baik secara langsung maupun dalam jangka yang panj 22 Manfaat Rutinitas Jogging Untuk Kesehatan Tubuh & Jiwa
Ilustrasi Jiwa Bersemangat | Photo credit: Istockphoto.com/AntonioGuillem

Rasanya sangat tidak enak ketika bangun tidur, tetapi tubuh terasa lesu dan lemas. Apabila anda mengalami masalah seperti itu, maka mulai sekarang tetapkan salah satu pola hidup sehat ini.

Jogging membuat Anda nantinya lebih sering bernafas, yang menjadikan oksigen bisa masuk ke dalam tubuh dengan optimal. Selain itu, merasakan udara segar saat pagi hari, sangat penting bagi kesehatan sel-sel tubuh.

2. Jiwa Lebih Tahan Banting

Jongging menjadikan jiwa  lebih tahan banting, baik itu secara fisik maupun mental. Hal itu karena saat ingin melaksanakan jogging, maka banyak sekali godaan berat yang dapat melunturkan motivasi Anda. Mulai dari rasa ngantuk, lelah, malas.

Manfaat dari rutinitas jogging ini (jika mampu dilakuan secara rutin) maka sangat bermanfaat dalam melatih kedisiplinan diri, selain dari manfaat kesehatan.


3. Membakar Lemak 

Jogging yang Anda lakukan dapat membakar lemak tubuh secara optimal, sehingga hal ini dapat menjaga berat badan Anda dari berlebihan.

Anda bisa lebih terhindar dari masalah obesitas, serta memiliki postur tubuh yang tetap ideal.

4. Mencegah Tubuh Mudah Lelah 

Peneliti dari Universitas Georgia di tahun 2008, menemukan hasil bahwa orang yang melakukan joging sekitar 20 menit tiga kali dalam sehari mengalami peningkatan level energi sampai 65 persen.

Yang melakukan penelitian ini adalah seorang ahli masalah kesehatan dan olahraga. Terbiasa olahraga membuat tubuh Anda selalu strong.

5. Menyehatkan Jantung

Jogging yang dilakukan nantinya akan dapat meningkatkan detak jantung, dan mendorong paru-paru bekerja maksimal. Selain itu Joging akan menguatkan seluruh otot tubuh.

Akan tetapi bagi penderita penyakit jantung, bukan berarti boleh melakukan olahraga lari yang berlebihan karena justru berdampak buruk bagi kesehaan jantung

6. Membuat Gembira

Orang-orang yang rutin melakukan joging akan bisa manjadi lebih gembira, selain juga membuat badan menjadi lebih segar, kedua hal ini sebenarnya saling berkaitan.

 bagi kesehatan yang dapat kita rasakan baik secara langsung maupun dalam jangka yang panj 22 Manfaat Rutinitas Jogging Untuk Kesehatan Tubuh & Jiwa
Ilustrasi Gembira | Photo credit: Pixabay.com

Jongging yang Anda lakukan juga akan membuat jiwa lebih percaya diri sehingga hal ini bermanfaat untuk bisa lebih terhindar dari stress. Ini merupakan manfaat yang sangat besar dari aktifitas jogging sehari-hari.

loading...

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Olahraga jogging yang Anda lakukan akan membuat kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, sehingga Anda menjadi tidak mudah untuk terserang penyakit, seperti flu, batuk, dan lainnya.

8. Bisa Lebih Sensitif Terhadap Kondisi Tubuh

Bila Anda sudah sering melakukan jogging, maka Anda dapat lebih sensitif (peka) terhadap kondisi tubuh. Jika ada bagian dari tubuh yang kurang beres (sesuatu yang aneh), maka anda jadinya akan bisa lebih cepat untuk merasakannya, untuk kemudian diambil tindakan cepat (pengobatan) yang diperlukan.

9. Tubuh Terkena Manfaat Mahari Pagi

Jogging pagi sangat baik dilakukan, dimana disarankan olahraga jogging saat menjelang matahari terbit sampai munculnya matahari pagi. Hal ini sangat bermanfaat karena tubuh akan terkena hangatnya sinar matahari.

10. Bersemangat Seharian

Tentunya kita ingin menjalani aktivitas dengan semangat yang tinggi. Rasanya tentu amat tidak enak saat bangun tidur ternyata kondisi badan masih lesu dan lemas.

Apabila Anda mengalaminya maka jogging menjadi pilihan yang sangat baik. Jogging yang Anda lakukan akan membuat oksigen yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih banyak. Hal inilah yang nantinya bisa memicu semangat Anda dalam beraktivitas seharian.

11. Jiwa Lebih Tenang

Jogging tidak hanya baik untuk kebugaran fisik, tetapi jongging yang penting manfaatnya untuk ketenangan pikiran, sehingga mambuat Anda nantinya lebih baik dalam berpikir jernih. Rajin olahraga juga bisa membuat tubuh akan memproduksi hormon anti-stres.

 bagi kesehatan yang dapat kita rasakan baik secara langsung maupun dalam jangka yang panj 22 Manfaat Rutinitas Jogging Untuk Kesehatan Tubuh & Jiwa
Ilustrasi Ketenangan Jiwa | Photo credit: Shutterstock.com/Luna Vandoorne

Saat mengalami bad mood, sedang sedih, murung, dan semacamnya, seringkali kita mengalami ketidaksemangatan untuk melakukan aktivitas. Sehingga Kita cenderung lebih ingin bermalas-malasan. Ketika perasaan negatif tersebut datang kepadai Anda, maka cobalah untuk melawannya.

Jangan turuti perasaan negatif yang membuat hanya ingin bermalas-malasan. Cara ampuh yang bisa dilakukan untuk melawan perasaan negatif tersebut adalah dengan olahraga seperti jongging.

Jogging yang Anda lakukan mampu untuk membinasakan perasaaan-perasaan negatif tersebut, sehingga Anad bisa lebih senang dan juga lebih segar. Manfaat ini bisa diperoleh karena adanya hubungan antara olahraga dengan produksi hormon endorfin.

Endorfin merupakan hormon di dalam tubuh yang dilepaskan dari kelenjar hipofisis (letaknya di organ otak). Manfaat kemunculan hormon ini di dalam tubuh adalah menjadikan timbulnya perasaan nyaman dan senang. Hal ini bermanfaat agar jiwa bisa menjadi lebih tenang.

Manfaat zat endorfin ini juga bisa berperan sebagai obat penghilang rasa sakit alami bagi tubuh. Endorfin bisa memunculkan perasaan yang lebih rileks. Salah satu cara ampuh meningkatkan produksi hormon endorfin dalam tubuh adalah dengan melakukan olahraga.



12. Memperbaiki Kualitas Tidur

Susah tidur sangatlah menganggu, apalagi bagi Anda yang beraktivitas padat di pagi hari, tentunya susah tidur membuat pekerjaan terganggu. Susah tidur mengakibatkan saat bangun tidur maka tubuh dalam kondisi yang masih tidak fit dan juga tubuh terasa lemas.

 bagi kesehatan yang dapat kita rasakan baik secara langsung maupun dalam jangka yang panj 22 Manfaat Rutinitas Jogging Untuk Kesehatan Tubuh & Jiwa
Ilustrasi Tidur Nyenyak | Photo credit: Pxhere.com

Jogging yang rutin Anda lakukan mampu memperbaiki kualitas tidur. Pada sebuah studi yang berisi para peserta penderita insomnia. Dalam studi, mereka diminta untuk melakukan olahraga lari secara rutin.

Maka, setelah dilakukan penelitian, hasilnya ditemukan bahwa melakukan olahraga lari secara rutin mampu mempercepat waktu tidur dan membuat tidur lebih nyenyak.

13. Menurunkan Berat Badan

Rajin olahraga jogging sangat berkemungkinan untuk mensuksesan usaha penurunan berat badan. Saat jongging, maka metabolisme tubuh akan meningkat, hal ini berlanjut pada peningkatan proses pembakaran kalori di dalam tubuh.

 bagi kesehatan yang dapat kita rasakan baik secara langsung maupun dalam jangka yang panj 22 Manfaat Rutinitas Jogging Untuk Kesehatan Tubuh & Jiwa
Timbangan Berat Badan | Photo credit: Pxhere.com

Apabila Anda telah melakukan usaha diet untuk mengurangi lemak perut di dalam tubuh tetapi tidak berhasil, maka cobalahh untuk mulai rajin joging. Jogging yang dilakukan akan meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh, yang utamanya adalah menyingirkan lemak di dalam perut.

Selain itu, olahraga jogging yang dilakukan juga menyingkirkan lemak yang ada di bagian pinggang, pinggul dan paha.

14. Membuat Anda Lebih Mampu Untuk Mengatasi Problem Kehidupan

Jogging yang dilakukan dapat membuat Anda lebih percaya diri. Selain itu juga membantu Anda untuk mengenyahkan masalah kekacauan pada pikiran, memperbaiki mood dan menghilangkan emosi negatif.

Dengan manfaat-manfaatnya ini, maka Anda disarankan untuk rajin (kalau bisa setiap hari) untuk olahraga jogging. Hal itu karena jogging akan membuat Anda lebih kuat dalam menghadapi problematika kehidupan, untuk kemudian mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapi.



15. Meningkatkan Stamina Tubuh

Jogging di pagi hari dapat membantu kelancarkan proses metabolisme tubuh, yang membuat Anda akan merasa lebih sehat dan segar. Olahraga Jogging sangat baik untuk jantung, serta meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

 bagi kesehatan yang dapat kita rasakan baik secara langsung maupun dalam jangka yang panj 22 Manfaat Rutinitas Jogging Untuk Kesehatan Tubuh & Jiwa
Stamina Tubuh Kuat | Photo credit: Afsoc.af.mil

Jogging bermanfaat untuk meningkatkan stamina, sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan kemampuan kerja Anda. Hal itu karena rutinitas jogging membuat Anda menjadi bergerak aktif.

Orang yang biasanya sering mengalami lesu saat bekerja, saat dirinya menerapkan secara rutin untuk berolahraga jogging maka dirinya akan merasa lebih baik dan lebih bersemangat dalam bekerja.

16. Menjadi Lebih Mudah Untuk Bangun Pagi

Dengan rutin jogging, berarti Anda akan secara sukarela maupun terpaksa diwajibkan untuk bangun pagi. Hal ini secara tidak langusung akan membuat Anda terbiasa untuk bangun pagi.

Sehingga, disarankan agar para orang tua untuk mengajak anak agar aktif olahraga, hal ini membuatnya lebih mudah bangun saat dewaanya.

17. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Joging yang Anda lakukan dapat memperkuat otot-otot tubuh, serta menjaga kepadatan tulang agar tetap kuat, baik itu pada tulang kaki, belakang maupun pinggul. Jogging yang Anda lakukan mampu mencegah hilangnya massa otot dan massa tulang.

Kondisi usia yang semakin menua mengakibatkan massa otot dan massa tulang akan berkurang secara alami.

18. Menajamkan Daya Pikir

Ternyata jogging dapat melatih pikiran menjadi lebih baik. Hal itu karena saat jongging maka Anda menemukan banyak rintangan, sehingga membuat Anda akan terlatih untuk fokus, dan manfaatnya juga meningkatkan kemampuan Anda dalam mengambil langkah yang tepat. Jogging yang dilakukan juga dapat memperkuat ketahanan mental.

19. Mencegah Resiko Penyakit

Rutin jogging atuapun olahraga secara rutin, memiliki manfaat sangat penting untuk mencegah terkena resiko penyakit seperti stroke, kanker, hipertensi, jantung, diabetes, osteoporosis dan lainnya. Jogging akan memperkuat daya tahan tubuh, serta menjadikan paru-paru juga lebih kuat sehingga Anda nanrinya bisa menghirup lebih banyak oksigen.

20. Memulihkan Stres Karena Pekerjaan Padat Seharian

Kalau ini manfaat dari jogging di sore hari. Ketika Anda seharian mendapatkan beban pekerjaan yang berat dan padat, maka sangat rentan untuk memunculkan rasa stress, selain juga pinggang dan punggung menjadi pegal karena pekerjaan yang berat seharian.

Dengan begitu, dalam kondisi seperti itu maka jogging di sore hari bermanfat untuk memulihkan dan menghilangkan berbagai masalah fisik dan pikiran tersebut. 

21. Mencerdasan Otak

Saat jogging, selain aktivitas jantung meningkat, maka aktivitas otak juga meningkat, dimana asupan oksigen ke organ otak lebih banyak. Hal ini berguna untuk membantu sistem saraf pusat otak agar bisa berfungsi dengan lebih aktif.

 bagi kesehatan yang dapat kita rasakan baik secara langsung maupun dalam jangka yang panj 22 Manfaat Rutinitas Jogging Untuk Kesehatan Tubuh & Jiwa
Ilustrasi Otak Cerdas | Photo credit: Flickr.com/A Health Blog

Dengan begitu kemampuan daya tangkap, daya ingat dan daya pikir akan menjadi lebih baik. Otak akan bisa lebih kreatif dalam mencari solusi berbagai permasahan.

22. Bisa Dijadikan Sarana Keharmonisan Keluarga

Aktivitas jogging dapat Anda manfaatkan untuk merekatkan keharmonisan keluarga. Anda bisa mengajak anggota keluarga untuk melakukan jogging pagi bersama, biasanya di hari munggi pagi. Yang dimana kondisi udara masih segar serta susananya menyenangkan, selain itu berguna untuk kesehatan anggota keluarga.

Saat jogging maka Anda bisa bercanda bersama. Sehingga keharmonisan rumah tangga bisa terus terjaga dengan baik.

0 Response to "Manfaat Rutinitas Jogging Untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel