-->

Hal Yang Harus Anda Perhatikan Saat Menggunakan VPN



Saat Anda mengakses internet melalui Wi-Fi, apakah Anda khawatir tentang siapa yang memata-matai data Anda atau bahkan mencuri? Jika tidak, Anda seperti kebanyakan orang, dan itu masalah. Setiap orang harus menggunakan jaringan pribadi virtual, atau VPN setiap kali mereka berada di jaringan yang tidak mereka kontrol. Namun ketika sebuah survei dijalankan tentang penggunaan VPN, kami menemukan 71 persen yang mengejutkan dari 1.000 responden kami tidak pernah menggunakan VPN sama sekali. Bahkan di antara pendukung netralitas bersih yang Anda pikir akan lebih mengetahui tentang masalah keamanan dan privasi  55 persen tidak pernah menggunakan VPN.

Sikap terhadap keamanan dan privasi data pribadi menciptakan risiko yang luar biasa dalam hal keamanan online. Jaringan Wi-Fi publik, yang ada di mana-mana dan nyaman, sayangnya juga sangat nyaman bagi penyerang yang ingin kompromi informasi pribadi Anda. Bagaimana Anda tahu, misalnya, bahwa "starbucks_wifi_real" sebenarnya adalah jaringan Wi-Fi untuk kedai kopi? Siapa pun dapat membuat jaringan itu, untuk memikat korban agar mengungkapkan informasi pribadi. Faktanya, lelucon peneliti keamanan populer adalah membuat jaringan dengan nama yang sama dengan layanan gratis dan populer dan melihat berapa banyak perangkat yang secara otomatis akan terhubung karena tampaknya aman.

Singkatnya, saatnya untuk mulai berpikir tentang melindungi informasi pribadi Anda. Di situlah jaringan privat virtual, atau VPN, masuk. Layanan ini menggunakan perangkat lunak sederhana untuk melindungi koneksi internet Anda, dan mereka memberi Anda kontrol lebih besar atas bagaimana Anda terlihat online juga. Meskipun Anda mungkin belum pernah mendengar layanan VPN, mereka adalah alat berharga yang harus Anda pahami dan gunakan.

Bisakah Anda Dilacak jika Anda Menggunakan VPN?

Dalam istilah yang paling sederhana, VPN menciptakan koneksi terenkripsi yang aman yang dapat dianggap sebagai terowongan  antara komputer Anda dan server yang dioperasikan oleh layanan VPN. Dalam lingkungan profesional, terowongan ini secara efektif menjadikan Anda bagian dari jaringan perusahaan, seolah-olah Anda secara fisik duduk di kantor.

Saat Anda terhubung ke VPN, semua lalu lintas jaringan Anda melewati terowongan yang dilindungi ini, dan tidak seorang pun  bahkan ISP Anda  yang dapat melihat lalu lintas Anda sampai keluar dari terowongan dari server VPN dan memasuki internet publik. Jika Anda memastikan hanya terhubung ke situs web yang diamankan dengan HTTPS, data Anda akan terus dienkripsi bahkan setelah meninggalkan VPN.

Pikirkan seperti ini: Jika mobil Anda keluar dari jalan, seseorang dapat mengikuti Anda dan melihat ke mana Anda pergi, berapa lama Anda di tempat tujuan, dan kapan Anda akan kembali. Mereka bahkan mungkin bisa mengintip ke dalam mobil Anda dan belajar lebih banyak tentang Anda. Dengan layanan VPN, Anda pada dasarnya mengemudi ke garasi parkir tertutup, beralih ke mobil lain, dan mengemudi keluar, sehingga tidak ada orang yang semula mengikuti Anda tahu ke mana Anda pergi.

Layanan VPN, meskipun sangat membantu, tidak mudah. Tidak ada peluru ajaib (atau baju besi ajaib) ketika datang ke keamanan. Musuh yang gigih hampir selalu dapat menembus pertahanan Anda dengan satu atau lain cara. Menggunakan VPN tidak dapat membantu jika Anda secara tidak bijaksana mengunduh ransomware pada kunjungan ke Dark Web, atau jika Anda diperdaya untuk menyerahkan data Anda ke serangan phishing.

Apa yang bisa dilakukan VPN adalah melindungi Anda dari pengumpulan data massal dan kriminal biasa menyedot data pengguna untuk digunakan nanti. Ini juga dapat melindungi privasi Anda dengan mempersulit pengiklan untuk mencari tahu siapa dan di mana Anda berada. Itu sebabnya VPN itu penting, bahkan ketika Anda menjelajah dari kenyamanan dan (relatif) keamanan rumah Anda.

Siapa yang Membutuhkan VPN?

Pertama dan terutama, menggunakan VPN mencegah siapa pun pada titik akses jaringan yang sama (atau di mana pun) untuk mencegat lalu lintas web Anda dalam serangan manusia-di-tengah. Ini sangat berguna untuk pelancong dan bagi mereka yang menggunakan jaringan Wi-Fi publik, seperti peselancar web di hotel, bandara, dan kedai kopi. Seseorang di jaringan yang sama, atau orang yang mengendalikan jaringan yang Anda gunakan, bisa saja menginterupsi informasi Anda saat Anda terhubung.

VPN juga menyelubungi alamat IP aktual komputer Anda, menyembunyikannya di belakang alamat IP server VPN yang terhubung. Alamat IP didistribusikan berdasarkan lokasi, sehingga Anda dapat memperkirakan lokasi seseorang hanya dengan melihat alamat IP mereka. Dan sementara alamat IP dapat berubah, ada kemungkinan untuk melacak seseorang di internet dengan menonton di mana alamat IP yang sama muncul. Menggunakan VPN mempersulit pengiklan (atau mata-mata, atau peretas) untuk melacak Anda secara online.

Banyak layanan VPN juga menyediakan sistem resolusi DNS mereka sendiri. Pikirkan DNS sebagai buku telepon yang mengubah URL berbasis teks seperti "pcmag.com" menjadi alamat IP numerik yang dapat dipahami komputer. Pengintai yang cerdas dapat memonitor permintaan DNS dan melacak pergerakan Anda secara online.

Banyak layanan VPN juga menyediakan sistem resolusi DNS mereka sendiri. Pikirkan DNS sebagai buku telepon yang mengubah URL berbasis teks seperti "pcmag.com" menjadi alamat IP numerik yang dapat dipahami komputer. Pengintai yang cerdas dapat memonitor permintaan DNS dan melacak pergerakan Anda secara online. Penyerang serakah juga dapat menggunakan keracunan DNS untuk mengarahkan Anda ke halaman phishing palsu yang dirancang untuk mencuri data Anda. Saat Anda menggunakan sistem DNS VPN, itu adalah lapisan perlindungan lain.

VPN diperlukan untuk meningkatkan privasi individu, tetapi ada juga orang-orang yang memerlukan VPN untuk keselamatan pribadi dan profesional. Beberapa jurnalis dan aktivis politik mengandalkan layanan VPN untuk menghindari sensor pemerintah dan berkomunikasi dengan aman dengan dunia luar. Periksa undang-undang setempat sebelum menggunakan VPN di Cina, Rusia, Turki, atau negara mana pun dengan kebijakan internet yang represif.

Bagaimana dengan menggunakan VPN untuk BitTorrent? Beberapa layanan, seperti TorGuard dan NordVPN, memungkinkan berbagi file peer-to-peer dan penggunaan berbagi BitTorrent. Yang lain membatasi aktivitas semacam itu untuk server tertentu. Jadilah cerdas: Pelajari persyaratan layanan perusahaan dan undang-undang setempat tentang hal itu. Dengan begitu Anda tidak bisa mengeluh jika Anda mendapat masalah.

Cara Memilih Layanan VPN

Pasar layanan VPN telah meledak dalam beberapa tahun terakhir, dan persaingan kecil telah berubah menjadi pertarungan habis-habisan. Banyak penyedia memanfaatkan kekhawatiran populasi umum yang meningkat tentang pengawasan dan kejahatan dunia maya, yang berarti semakin sulit untuk mengatakan kapan sebuah perusahaan benar-benar memberikan layanan yang aman dan ketika itu mengeluarkan banyak kata-kata indah sambil menjual minyak ular. Bahkan, karena layanan VPN telah menjadi sangat populer setelah Kongres membunuh aturan privasi ISP, bahkan ada VPN palsu bermunculan, jadi berhati-hatilah. Penting untuk mengingat beberapa hal ketika mengevaluasi layanan VPN mana yang tepat untuk Anda: reputasi, kinerja, jenis enkripsi yang digunakan, transparansi, kemudahan penggunaan, dukungan, dan fitur tambahan. Jangan hanya fokus pada harga atau kecepatan, meskipun itu adalah faktor penting.

Beberapa layanan VPN menyediakan uji coba gratis, jadi manfaatkanlah. Pastikan Anda senang dengan apa yang Anda daftarkan, dan manfaatkan jaminan uang kembali jika Anda tidak. Inilah mengapa kami juga menyarankan untuk memulai dengan berlangganan jangka pendek seminggu atau sebulan  untuk memastikan Anda bahagia. KeepSolid VPN Unlimited menawarkan langganan Liburan satu minggu, misalnya. Ya, Anda mungkin mendapatkan diskon dengan mendaftar selama setahun, tetapi itu lebih banyak uang yang dipertaruhkan seandainya Anda menyadari bahwa layanan tersebut tidak memenuhi kebutuhan kinerja Anda.

Sebagian besar pengguna menginginkan antarmuka pengguna grafis penuh untuk mengelola koneksi dan pengaturan VPN mereka, meskipun beberapa lebih suka mengunduh file konfigurasi dan mengimpornya ke klien OpenVPN. Sebagian besar perusahaan VPN yang kami ulas mendukung semua tingkat pengetahuan teknologi, dan yang terbaik memiliki dukungan pelanggan yang kuat untuk ketika segala sesuatunya berjalan menyamping.

Mana VPN Gratis Terbaik?

Tidak semua layanan VPN mengharuskan Anda membayar. Faktanya, ada banyak VPN gratis yang luar biasa. Tetapi semua VPN gratis yang kami uji memiliki semacam batasan. Beberapa membatasi Anda hanya pada beberapa koneksi atau perangkat simultan di akun. Yang lain membatasi Anda untuk beberapa ratus MB data per hari atau per bulan. Yang lain membatasi Anda hanya untuk beberapa server. Yang lain melakukan semua hal di atas.

Menemukan VPN gratis terbaik adalah latihan menyeimbangkan batasan-batasan itu. TunnelBear, misalnya, memungkinkan Anda menggunakan server apa pun di jaringannya tetapi membatasi Anda hingga 500MB-1GB per bulan. Avira Phantom VPN memungkinkan Anda menggunakan sebanyak mungkin perangkat dan server apa pun yang Anda suka, tetapi juga membatasi Anda hingga 500MB per bulan. AnchorFree Hotspot Shield juga tidak membatasi jumlah perangkat, tetapi membatasi Anda hingga 500MB per hari dan hanya server berbasis di AS. Koneksi Aman Kaspersky juga tidak membatasi perangkat Anda tetapi tidak membiarkan Anda memilih server VPN aplikasi melakukannya secara otomatis.

ChoiceProtonVPN memiliki perbedaan unik yaitu tidak ada batasan data pada pengguna gratis. Anda dapat menelusuri sebanyak yang Anda inginkan, selama yang Anda inginkan. Anda akan dibatasi hanya pada satu perangkat pada layanan pada satu waktu dan hanya dapat memilih antara tiga lokasi server, tetapi data tak terbatas membuat semua itu. Tidak ada salahnya bahwa ProtonVPN, dari orang yang sama yang membawakan Anda email ProtonMail yang super aman, sangat memperhatikan keamanan dan privasi pelanggan.

Perhatikan bahwa, selain koleksi VPN gratis kami, kami juga memiliki koleksi VPN murah terbaik, bagi mereka yang bersedia menghabiskan setidaknya sedikit uang tunai untuk perlindungan mereka.

Bisakah Anda Percayai Layanan VPN Anda?

Jika Anda menggunakan layanan untuk merutekan semua lalu lintas internet Anda melalui servernya, Anda harus dapat mempercayai penyedia. Perusahaan keamanan yang mapan, seperti F-Secure, mungkin baru saja datang ke pasar VPN. Lebih mudah untuk memercayai perusahaan yang telah ada sedikit lebih lama, hanya karena reputasi mereka mungkin diketahui. Tetapi perusahaan dan produk dapat berubah dengan cepat. Layanan VPN lambat hari ini yang tidak memungkinkan Anda membatalkan langganan Anda bisa menjadi anak poster besok untuk keunggulan.

Kami bukan ahli kriptografi, jadi kami tidak dapat memverifikasi semua enkripsi yang dibuat oleh penyedia enkripsi. Sebagai gantinya, kami fokus pada fitur yang disediakan. Fitur bonus seperti pemblokiran iklan, firewall, dan mematikan sakelar yang memutuskan koneksi Anda dari web jika koneksi VPN Anda turun, sangat membantu Anda tetap aman. Kami juga lebih suka penyedia yang mendukung OpenVPN, karena ini adalah standar yang terkenal dengan kecepatan dan keandalannya. Itu juga, seperti namanya, open source, yang berarti ia mendapat manfaat dari banyak pengembang yang mencari masalah potensial.

Sejak kami menguji VPN terakhir, kami telah memberikan perhatian khusus pada praktik privasi perusahaan VPN dan bukan hanya teknologi yang mereka berikan. Dalam pengujian kami, kami membaca kebijakan privasi dan mendiskusikan praktik perusahaan dengan perwakilan layanan VPN. Apa yang kami cari adalah komitmen untuk melindungi informasi pengguna, dan mengambil pendekatan langsung untuk mengumpulkan data pengguna.

Sebagai bagian dari penelitian kami, kami juga memastikan untuk mengetahui di mana perusahaan itu berada dan dalam kerangka hukum apa ia beroperasi. Beberapa negara tidak memiliki undang-undang penyimpanan data, membuatnya lebih mudah untuk menepati janji "Kami tidak menyimpan catatan apa pun." Ini juga berguna untuk mengetahui dalam keadaan apa perusahaan VPN akan menyerahkan informasi kepada penegak hukum dan informasi apa yang harus disediakan jika itu harus terjadi.

Layanan VPN terbaik memiliki kebijakan privasi yang dengan jelas menjabarkan apa yang dilakukan layanan, informasi apa yang dikumpulkannya, dan apa yang dilakukannya untuk melindungi informasi itu. Beberapa perusahaan menjelaskan bahwa mereka mengumpulkan beberapa informasi, tetapi tidak memberi tahu Anda tentang bagaimana mereka bermaksud menggunakan informasi itu. Lainnya lebih transparan.

Meskipun VPN dapat melindungi privasi Anda secara online, Anda mungkin masih ingin mengambil langkah tambahan untuk menghindari pembayaran menggunakan kartu kredit, karena alasan moral atau keamanan. Beberapa layanan VPN sekarang menerima metode pembayaran anonim seperti Bitcoin, dan beberapa bahkan menerima kartu hadiah pengecer. Kedua transaksi ini sedekat mungkin dengan pembayaran tunai untuk sesuatu yang online. Kartu hadiah Starbucks itu mungkin lebih baik dihabiskan untuk menjelajah web yang aman daripada latte biasa-biasa saja.

0 Response to "Hal Yang Harus Anda Perhatikan Saat Menggunakan VPN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel