-->

Resep Membuat Kue Wajik Gula Jawa Legit

Resep Membuat Kue Wajik Gula Jawa Legit - Satu lagi olahan beras ketan yang super yumi dan cocok buat ngopi atau minum teh . yaitu kue wajik gula merah , salah satu kue tradisional yang khas di daerah jawa tengah . rasanya yang pulen , manis dan wangi khas daun pandan ini memang menggoda sekali . menciptakan manis yang legit di setiap gigitannya .

Untuk di beberapa kota , kue wajik ini dapat di bilang sulit untuk di temui . berbeda lagi untuk daerah jawa dan sekitarnya , karena kue wajik yang manis legit ini masih tetap axiz . untuk daerah jawa kue wajik biasanya selalu di sajikan di berbagai ritual adat dan syukuran . seperti sedekah bumi , sedekah laut , acara khajatan seperti nikahan , khitanan atau pun pengajian . 

Biasanya kue wajik selalu di sajikan dengan kue ketan putih , pisang , rebusan ubi dan lain sebagainya dalam satu wadah atau bungkus . masyarakat yang menggunakan kue wajik untuk acara khajatan , syukuran atau adat biasnaya mereka membuat sendiri . dengan di bantu oleh warga , mereka membuat kue wajik dengan wajan yang cukup besar . namun untuk yang ingin menikmati kue wajik untuk camilan sendiri biasanya mereka membelinya di pedagang .

Selain kue wajik jawa tengah yang cukup terkenal dimana-dimana . ternyata ada juga kue wajik yang khas di daerah sunda , khususnya bandung dan sukabumi . kue wajik untuk daerah sunda sebenarnya hampir sama dengan kue wajik khas jawa tengah . sama-sama legit dan menggunakan gula merah sebagai teman setia sang beras ketan .

Untuk daerah sunda , kue wajik biasanya di jual oleh para pedagang di pasar tradisional atapun di tempat toko kue . bahkan kue wajik sering dijadikan sebagai oleh-oleh yang khas dari sunda . nah untuk anda yang ingin sekali mencicipi enak dan legitnya kue wajik tak usah jauh-jauh pergi kesana . karena dengan mengikuti resep dan cara membuat seperti dibawah ini anda sudah dapat membuat kue wajik sendiri dirumah .

Resep Membuat Kue Wajik Gula Jawa Legit

 Satu lagi olahan beras ketan yang super yumi dan cocok buat ngopi atau minum teh  Resep Membuat Kue Wajik Gula Jawa Legit

Bahan Kue Wajik Gula Jawa :

  • Beras ketan 400 gram
  • Santan 500 mili liter 
  • Gula merah 100 gram
  • Gula pasir 50 gram
  • Daun pandan 1 lembar
  • Garam 1 sendok teh
  • Daun pisang secukupnya 

Cara Membuat Kue Wajik Gula Jawa :

  1. Pertama-tama cuci bersih beras ketan . lalu rendam selama 20 menit . tiriskan , kemudian kukus beras ketan selama 15 menit .
  2. Sambil menunggu beras ketan matang anda dapat memasak gula merah dan gula putih hingga mencair, saring . selanjutnya rebus santan hingga mendidih lalu masukkan gula yang sudah di cairkan tadi , aduk rata . masukkan daun pandan dan beras ketan yang sudah di kukus , aduk terus hingga santan habis dan tidak berair sama sekali dan adonan kering .
  3. Setelah itu alasi loyang dengan plastik atau bisa juga dialasi dengan daun pisang . tuang adonan wajik yang sudah jadi ke dalam loyang , tekan-tekan dan biarkan dingin .
  4. Selanjutnya keluarkan cetakan dari wajik , lalu potong-potong wajik sesuai selera .
  5. Resep Membuat Kue Wajik Gula Jawa Legit siap disajikan .

Selesai , cukup mudah bukan dalam membuat kue wajik gula jawa ini ? oh iya , resep ini dibuat untuk sekitar 28 potong kue wajik saja . jika anda ingin membuatnya lebih banyak silahkan tambahkan bahan-bahan yang digunakan sesuai takaran . oke , selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kue Wajik Gula Jawa Legit yang kami bagikan kali ini . 

Buka juga informasi resep lainnya seperti Resep Membuat Roti No-Knead Bread . Terimakasih sudah membuka , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . jika anda menyukai artikel Resep Membuat Kue Wajik Gula Jawa Legit ini jangan lupa like atau share ke media sosial kalian ya . seperti facebook , twitter atau google plus anda agar memudahkan kami dalam berbagi resep masakan dan resep kue lainnya yang tentunya akan bermanfaat untuk anda . sekian , seeyou :)

0 Response to "Resep Membuat Kue Wajik Gula Jawa Legit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel